Cara Memperkecil Ukuran CSS Untuk Mempercepat Loading Blogger

Selain jenis dan mutu artikel, Salah satu alasan mengapa trafik pengunjung blog bisa meningkat atau menurun yakni kecepatan loading atau kecepatan memuat blog. Blog yang mempunyai kecepatan loading diatas rata-rata akan mampu menarik pengunjung dan hal ini juga ditegaskan oleh mesin pencari google bahwa "Website/Blog Harus Cepat".

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat waktu load blog adalah dengan mengkompress CSS atau mengurangi pemakaian javascript yang tidak penting atau hosting Javascript di Google Code dan sesuai dengan judul artikel kali ini, maka saya akan menjelaskan bagaimana cara memperkecil ukuran CSS blog agar mampu mendongkrak kecepatan waktu load pada saat pengunjung melakukan request.
mempercepat loading blog
Penting...!!!
Sebelum mengkompress CSS template blog, saya sarankan untuk membackup full template, hal ini untuk menghindari kesalahan dalam melakukan kompress CSS.
  • Buka situs www.cssdrive.com atau www.csscompressor.com
  • Copy kode CSS template anda dan pastekan di dalam form csscompressor. Ingat CSS yang harus dicopy dan dicompress yakni di antara tag <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin>. Lihat Contohnya :
<b:skin><![CDATA[
#header-wrapper{width:960px;margin:0 auto}
#header-inner{background-position:center;margin-left:auto;margin-right:auto}
#header{float:left;width:525px;text-align:left;color:#666;margin:0}
#header2{float:right;width:428px;margin-right:0px;text-align:left;color:#555}
]]></b:skin>
Keterangan : Warna biru adalah CSS yang akan dicompress.
Kompres CSS Untuk Mempercepat Loading Blog
  • Jika kode CSS sudah dimasukkan, tekan "Compress-it!". Maka hasilnya akan seperti ini.
Kompres CSS Untuk Mempercepat Loading Blog
  • Selanjutnya, ganti kode CSS template anda sebelumnya dengan kode CSS yang sudah di kompress tadi. Simpan dan lihat hasilnya... 
Note :
Untuk mengkompres kode CSS, saya sarankan agar mengkompress kode CSS per-bagian. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam mengedit kode CSS template.
Semoga Bermanfaat...!!!

Comments